Rabu, 21 Desember 2011

Pantai Solop


Pantai Solop merupakan salah satu obyek wisata pantai yang banyak dikunjungi, khususnya  pada saat Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha. Pemerintah setempat menjadikan pantai ini sebagai  obyek wisata unggulan “Dondang Tandak”.
Kawasan Pantai ini setiap harinya dilalui oleh kapal ferry yang menghubungkan Pulau Batam dan Kabupaten Indragiri Hilir, termasuk Jambi dan Kuala Tungkal melalui Kuala Enok.




Pantai ini mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri yang tidak dimiliki pantai-pantai lain di dunia. Di sini terdapat kawasan rawa/lumpur yang berpasir putih yang terbentuk dari kulit kerang dan tumbuhan laut yang dibawa ombak ke tepi pantai. Keberadaan hutan mangrove yang mengelilingi Pantai Solop merupakan hutan bakau terindah di Indonesia. Keindahan Pantai ini bertambah karena terdapatnya pulau-pulau kecil di seberang pantai. Pada sore hari pengunjung dapat menyaksikan keindahan terbenamnya matahari (sunset). 


Pantai ini terletak di Pulau Cawan, Kecamatan Mandah Kabupaten Indragiri Hilir. Letaknya sangat strategis yakni di jalur pelayaran Tembilahan-Pulau Batam
Dari Kota Tembilahan, untuk menuju lokasi ini, dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar 90 menit, atau sekitar 20 menit dari Kecamatan Mandah.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites